Wisata

<td width="432" valign="top" bgcolor=""

Cipanas GarutCipanas

 Terletak 6 Km dari Garut tepatnya di kaki Gunung Guntur yang sensual, Cipanas merupakan resort wisata utama di Garut dengan pemandian air panas belereng paling bening di Indonesia. Dengan fasilitas resort, hotel dan restaurant berbagai kelas, kolam renang, kamar rendam, serta aksesibilitas yang sangat mudah menjadikan Cipanas sebagai objek unggulan di Garut.

Ngamplang GarutNgamplang

 Ngamplang adalah resort wisata peninggalan kolonial Belanda dengan nama sinatorium Ngamplang dan pernah dikunjungi oleh Charlie Chaplin, Ratu Belanda, Perdana mentri Perancis serta para pejabat lainya. Saat ini Ngamplang berfungsi sebagai Golf Course 9 Hole dengan latar depan Garut kota dan latar belakang Gunung Cikuray.

Candi cangkuangCandi Cangkuang

 Satu-satunya candi Hindu paling lengkap yang telah direstorasi di Jawa Barat peninggalan abad ke VII terletak di sebuah pulau di tengah danau / situ Cangkuang, dimana terdapat pula enam buah rumah adat yang dinamakan Kampung Pulo. Dengan rakit bambu anda menyebrangi Situ Cangkuang yang ditumbuhi teratai untuk mencapai Candi dan kampung Pulo. Dengan melewati sawah sejauh mata memandang , lokasinya hanya 16 Km dari Garut kota, atau sekitar 45 Km dari kota Bandung.

Situ CangkuangSitu Cangkuang.Merupakan situ terluas di Garut, dengan luas sekitar 124 Ha. Berjarak sekitar 14 Km dari kota Garut melewati jalan yang diapit sawah yang luas. Anda bisa mengelilingi situ ini dengan menggunakan rakit bambu milik masyarakat pariwisata setempat sambil menikmati segarnya udara pegunungan.

 Click here to read more about hotelsHotel Di Garut

 Cukup banyak terdapat hotel di kota Garut terutama di daerah peristirahatan seberti Cipanas.  Tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan hampir di setiap akhir pekan karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari kota Jakarta.

Curug OrokCurug Orok

 Curug / air terjun Orok terletak di perkebunan teh papandayan, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 Meter. Keunikan air terjun ini ialah terdapatnya sungai sungai bawah tanah berair sangat bening. Curug Orok terdapat sekitar 35 Km dari kota Garut ke arah Bungbulang.

Curug CitiisCurug Citiis

 Letaknya berdekatan dengan Cipanas, bisa dicapai dengan berjalan kaki ke sebelah utara sekitar 2 Km dengan jalan yang mendaki. Sumber air terjun ini berasal dari Gunung Guntur.

Curug Cihanyawar GarutCurug Cihangawar

 Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, terletak di kaki gunung Cikuray. Berjarak sekitar 15 Km dari kota Garut, bisa dicapai dengan menggunakan angkutan kota 06.

Curug NeglasariCurug Neglasari

 Air terjun ini terletak di perkebunan Neglasari. Keunikan curug ini ialah jathan airnya bertingkat-tingkat, sehingg amemilik keindahan yang khas.

Pantai Ranca BuayaRancabuaya

Dengan karakteristik pantai selatan yang ganas karena langsung berhadapan dengan samudera hindia, namun sangat nyaman untuk dinikmati baik dari bibir pantai dengan aksesoris pelabuhan tradisional, maupun dilihat dari atas tebing dihiasi dengan ribuan burung walet. Berjarak seitar 120 Km dari kota Garut, atau sekitar 4 jam perjalanan melalui Bungulang atau melalui Pamengpeuk. Fasilitas cukup lenkap untuk para petualang, seperti penginapan dan warung-arung makan, tetapi jangan mengharapkan penginapan mewah atau restautant mewah di tempat ini, karena semuanya masih terlihat sederhana, namun disinilah letak keeksotisanya.

kawah papandayanKawah Papandayan

 Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.638 m di atas permukaan laut merupakan gunung api yang masih aktif namun sangat aman untuk dikunjungi sampai ke bibir kawahnya. Gunung ini memiliki beberapa buah kawah yang dinamai kawah baru, kawah mas, kawah nangklak dan kawah manuk. Berjarak sekitar 29 Km di selatan kota Garut, objek-objek yang patut anda kunjungi di lokasi Gunung Papandayan antara lain Pondok saladah, tegal alun, tegal panjang, padang edelweis, dll.

karang paranje garutKarang Paranje

 Merupakan sebuah batu karang tunggal yang menjulang di bibir pantai muara sungai Cicelang, sekutar 85 Km dari kota Garut. Karang ini sering digunakan untuk tempat pemancingan yang sangat mengasyikan.

saneang garutSaneang

 Leweung sancang (hutan) dengan luas sekitar 2.500 Hektar dilegendakan sebagai tempat mangkatnya prabu siliwangi dan pengikutnya yang menurut kepercayaan masyarakat setempat menjelma menjadi pohon kaboa, sejenis pohon bakau. Kawasan ini sangat cocok untuk kawasan penelitian lingkungan hidup dan kehutanan dengan kelengkapan flora dan fauna tropis, juga cocok untuk wisata petualangan dan memancing

kawah kamojangKawah Kamojang

 Kawah kamojang merupakan objek wisata alam liar semenjak zaman penjajahan Belanda. Berada di tengah hutan belantara, pada ketinggian sekitar 2000 meter dari permukaan laut dengan kekayaan flora dan fauna yang sangat melimpah serta kekayaan sumber daya alam yaitu panas bumi yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di Asia. Wilayah ini terdapat di perbatasan antara Garut dan Bandung, namun lebih mudah dijangkau dari kota Garut.

santolo garutSantolo

 Salah satu pantai paling populer di Garut, lokasinya sekitar 88 Km dari kota Garut. Tiba di pantai ini kita bisa langsung bersampan kecil menyebrangi muara untuk menuju ke pulau Santolo. Di tempat ini kita akan menjumpai pintu air peninggalan Belanda. Pantai ini berbentuk teluk. Keunikanya ialah permukaan pantai sebelah selatan lebih tinggi dari permukaan pantai sebelah utara, sehingga terbentuk curugan.

Sayang heulang garutSayang Heulang

 Pantai ini bersebelahan langsung dengan pantai Santolo, dipisahkan oleh sebuah sungai kecil dimana terdapat fenomena dimana air laut turun ke sungai air tawar. Di sini juga terdapat gugusan karang dangkal sehingga bisa dinikmati langsung tanpa harus menyelam.

CiburuySitus Ciburuy

 Sekitar 17 Km dari Garut kota terletak di kampung Ciburuy, desa Pamalayan, Kec. Cigedung. Situs Ciburuy diperkirakan merupakan situs purbakala tertua di garut yang sudah ditata dan dikelola. Terdapat naskah kuno tentang pedoman hidup damai yang ditulis pada daun lontar dan nipah dan disimpan di bumo padaleman, juga senjata seperti keris, tumbak / tombak, trisula, kujang dan alat musik goong renteng yang merupakan cikal bakal kesenian degung disimpan di bale patemon. Untuk perbekalan terdapat leuwit atau lumbung padi. Upacara ritual di tempat ini dilaksanakan pada minggu ke tiga bulan Muharam pada malam kamis pukul 19:30 yang disebut upacara Seba.

Gunung Papandayan
Mungkin Tuhan menciptakan bumi Parahyangan sambil tersenyum. Keindahan panorama tanah parahyangan seperti Garut sungguh luar biasa. Keindahannya menunjukan sebagian dari sifat Tuhan Yang Maha Indah, dan keangungannya menujukan sifat Tuhan Yang Maha Agung. Sangatlah beruntung bagi penduduk negeri yang memiliki kekayaan alam berupa keindahan panorama dan kesuburan tanahnya. Gunung Papandayan adalah salah satu bentuk karunia yang luar biasa.Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut, dan berjarak sekitar 28 km dari arah Kota Garut. Keindahan alam yang dimiliki Gunung Papandayan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta alam. Gunung Papandayan banyak dimanfaatkan sebagai ajang untuk mendaki dan berkemah. Jika musim bunga tiba, di gunung ini banyak ditumbuhi bunga edelwise yang sangat anggun dan banyak diminati olah para pendaki. Keindahan Gunung Papandayan ditambah lagi dengan keindahan Kawah Papandayan yang terletak di puncak Gunung Papandayan.Perjalanan menuju Gunung Papandayan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan sampai di kaki gunung. Perjalanan menuju Gunung Papandayan merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan karena di kiri kanan jalan yang dilalui terhampar tanah yang subur yang ditanami berbagi tanaman pertanian yang menjadi sumber panghasilan dari para penduduk setempat.

Situ Bagendit
Situ atau Danau Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi. Lokasi Situ Bagendit berjarak sekitar 13 km dari Kota Garut ke arah utara. Lokasi wisata yang cukup luas yaitu sekitar 144 ha membuat suasana menjadi lebih leluasa dalam bertamasya. Perjalanan menuju Situ Bagendit dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan dengan route Garut-Terminal Guntur – Ciawitali – Bagendit. Jika anda berkunjung ke Situ Bagendit akan terasa lebih mengasyikan lagi jika anda menggunakan sarana rekreasi air untuk mengarungi keindahan Situ Bagendit. Cobalah !!

Situs Makam Keramat
Garut merupakan daerah yang memiliki nilai sejarah dan memiliki banyak sekali peninggalan-peninggalan yang bersejarah seperti benda-benda purbakala dan juga situs-situs makam keramat. Berikut beberapa situs makam keramat yang berada di Garut:

  • Makam Dalem Arief Muhammad
    • Letak makam Arif Muhammad yang berdekatan dengan Candi Cangkuang menurut dugaan, diantaranya bertujuan untuk proses syiar Islam serta melambangkan kerukunan umat beragama yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita.Arif Muhammad adalah seorang tokoh penyebar agama Islam di daerah Cangkuang dan sekitarnya Berdasarkan cerita beliau adalah seorang menantu Sultan Sumenep dari Madura yang mendapat tugas dari Sultan Agung Mataram pada permulaan abad ke-17 untuk menghancurkan kubu pertahanan VOC di Batavia (Jakarta).
  • Makam Kuno Embah Pengadegan
    • Makam Kuno Embah pangadegan berada di puncak bukit Pameuntasan, tidak jauh dari bukit Pulo. Bukit ini berbentuk punden-punden dan makam terletak di ketinggian dengan memakai undakan (trap)..Dari aspek arkeologis bangunan makam seperti nisannya memiliki unsur-unsur kepurbakalaan yang diperkirakan berasal dari reruntuhan Candi Cangkuang. Embah Pangadegan adalah salah seorang pembantu Arif Muhammad ketika menyebarkan Agama Islam.
  • Situs Makam Godog
    • Godog adalah sebutan tempat yang letaknya di sebelah Timur kota Garut sekitar 10 km, tepatnya di Desa Lebak Agung Kecamatan Karangpawitan. Di Godog ini terdapat makam waliyulloh yang sudah tidak asing lagi, serta sudah dikenal sejak nenek moyang kita yang bernama SYEKH SUNAN ROHMAT SUCI, beliau seorang putra Raja Pajajaran yaitu Parabu Siliwangi.
  • Situs Makam Sunan Cipancar
    • Sebagai Cagar Budaya situs makam Cipancar memiliki arti penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Dari aspek arkeologi jirat dan nisan makam masih memiliki keaslian sebagai tradisi peninggalan megalitik. Dari aspek sejarah tokoh adalah seorang penyebar Agama Islam di daerah Limbangan dan sekitarnya.Sunan Cipancar memiliki nama lain, yaitu Sunan Pancer, sedangkan nama aslinya adalah Limansenjaya Kusumah. Beliau dilahirkan pada tahun 1510, anak dari Prabu Hande Limansenjaya, yang kemudian menggantikan ayahnya menjadi penguasa di Galuh Pakuan, Limbangan.
  • Situs Makam Dalem Cipeujeuh
    • Dalam Konteks Sejarah, Dalem Cipeujeuh adalah tokoh pemerintahan di kabupaten Garut. Tokoh tersebut nama aslinya adalah Raden Adipati Aria Adiwijaya putera sulung bupati Sumedang, Pangeran Kornel. RAA Adiwijaya yang ditunjuk Gubernur Jendral Thomas S Rafles untuk menjadi bupati pertama pada waktu Kabupaten Limbangan dibentuk kembali dengan Ibu Kota Suci pada tahun 1813.Setelah meninggal beliau terkenal dengan sebutan Dalem Cipeujeuh, karena dimakamkan di Kampung Cipeujeuh, Desa Sanding, Kecamatan Garut Kota.
  • Situs Makam Hasan Arief
    • Hasan Arif adalah seorang tokoh tradisional yang kharismatik pada masanya, yang dapat menghimpun masa untuk menentang kolonial Belanda pada awal abad ke -20 di kabupaten Garut. Hasan Arif juga seorang tokoh agama yang memiliki pesantren. Beliau gugur bersama pengikutnya dibantai tentara kolonial, dan dimakamkan di Kampung Cimareme, Kecamatan Banyuresmi.
  •  

 

6 Responses so far »

  1. 1

    Undang A.S said,

    Info yang sangat bermanfaat … tks

  2. 3

    mazwar.makmur said,

    informasi wisata di garut, akomodasi utk 100 org dll.

  3. 5

    fikrie said,

    banyak tempat wisata yang terbaru di daerah garut..knp tidak update?

  4. 6

    hotel said,

    Artikel yang menarik dan bermanfaat semoga Wisata di Garut bisa mengikuti kepopuleran kota Bandung sehingga bukan hanya Hotel di Bandung yang laku akan tetapi Hotel di Garut


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: